Breaking News

Sabtu, 10 Januari 2015

ACE Pada Kawasaki Pulsar 200ns



ACE (Ariadi Tjokrodiningrat)

Sedikit info, saat ini sedang berkembang penyakit baru yg disebut ACE atau Alternator Charging Error yang menimpa beberapa NS. Permasalahannya ACE termasuk penyakit langka yg mana para rider biasanya tahu justru setelah permasalahan ACE ini merambat jadi masalah lain.saat ini di Bhupar saja sudah 4 pasien diduga mengidap ACE dan 2 diantaranya telah lumpuh.
Gejala ACE sebetulnya dapat diindikasi sbb:
1. Lampu utama motor terlihat agak berkurang terangnya, dan terkadang saat menghidupkan klakson dan sein sering ikut berkedip.
2. Radiator sering terasa lebih panas walau fan hidup dan terkadang sampai terjadi fload (coolant keluar dari reservoir) tetapi indikator "F" tidak muncul.
3. Suara fan radiator terasa lebih lembut.
4. Pada tahap II ACE terkadang disertai gejala ndut ndut an atau sedikit mberebet di rpm tinggi diatas 6000rpm.
5. Pada tahap III seringkali indikator Battrey hidup dan klakson melemah.
6. Pada tahap IV dapat diikuti ngaconya panel indikator dimana saat start engine panel indikator re starting.
7. Pada kondisi terparah diikuti gagal stater krn relay stater gagal hidup. Sehingga dinamo stater tidak dapat berputar.
Sebaiknya apabila gejala awal telah nampak segera periksa sistem pengisian dengan cara mengetes kutub positif dan negatif aki dengan voltmeter atau Avometer.
Saat kondisi mesin mati normalnya aki akan memberikan tegangan minimal 12 volt sd 13 volt, dan saat hidup di rpm 1500rpm akan berkisar 13 volt. Laju pengisian akan naik sampai sekitar 14,6 volt maksimal di 4000 sd 6000 rpm.
Apabila dalam kondisi mesin mati voltase dibawah 12 volt dan saat mesin hidup laju pengisian di 5000rpm indikator AVOmeter tetap di 12 atau bahkan tidak naik sama sekali maka dipastikan motor anda terkena ACE.
Janganlah membawa motor anda jalan2 apabila sudah terindikasi ACE, dikarenakan dalam kondisi seperti ini hidup motor anda sudah sangat tergantung pada sisa stroom di aki.
Apabila dipaksakan maka daya voltase akan turun drastis, dan stroom akan jauh berkurang sehingga CDI akan lemah mengirimkan listrik ke coil dan error memberikan sinyal ke motor fan pendingin.
ACE berpotensi menyebabkan overheating akibat fan berputar lemah. Dan dapat mengakibatkan mogok.
ACE bersumber pada permasalahan sistem pengisian dari magnet, dan penyebabnya adalah spul magnet rusak atau terbakar atau dapat juga soket pengisian kendur bahkan lepas.
ACE dapat terjadi dari 3 sebab yaitu:
1. Kesalahan perakitan pabrik
2. Kualitas spul yg buruk
3. KORSLET atau over beban akibat kesalahan pemakaian aksesoris kelistrikan .
Pencegahan:
1.Rawatlah kebersihan aki sebaik mungkin.
2. Hindari modifikasi kelistrikan tanpa orang yg memahami sistem kelistrikan
3. Pergunakanlah mudflap, dikarenakan cipratan lumpur dapat menyebabkan korslet pada soket didekat filter bensin motor anda.
Apabila sudah terindikasi ACE maka bawalah motor anda segera ke klinik atau dealer kawasaki untuk mendapatkan perbaikan suku cadang atau klaim.
Demikian diinformasikan, salam jabat erat....
Dr AT.
NWI/BDT73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Copyright 2014 Irfan Hadiyanto