Breaking News

Sabtu, 10 Januari 2015

Rotary Engine

Mesin wankel atau disebut juga mesin rotary adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu.
Mesin ini dikembangkan oleh insinyur Jerman Felix Wankel. Dia memulai penelitiannya pada awal tahun 1950an di NSU Motorenwerke AG (NSU) dan prototypenya yang bisa bekerja pada tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan lain di seantero dunia untuk memperbaiki konsepnya.
Karena mesin wankel sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap, pesawat terbang, go-kart, speed boat.



 Mesin hebat ini sering luput dari perhatian di dunia otomotif. Selama ini kita mengenal mesin diesel dan bensin, kemudian mesin bensin ada 2langkah dan 4langkah, selanjutnya mesin 4langkah dibedakan lagi menurut jumlah silinder dan konfigurasi silinder (inline, V, Boxer, hingga mesin “L” ala ducati). Tapi ternyata perkembangan mesin tidak sesempit itu, masih ada mesin rotary yang powerfull. Rasa penasaran akan mesin rotary ini muncul saat iseng2 lihat spesifikasi mazda RX8. Yang mana dengan kapasitas mesin hanya 1300cc mampu menyeburkan tenaga 250HP, bandingkan dengan mesin 4langkah inline4 yang hanya menghasilkan 90-100HP saja.
Mesin rotary hasil kreasi Felix Heinrich Wankel, seorang insinyur jerman ini menggunakan cara kerja yang unik dibanding mesin 4langkah/2langkah. Gerakan naik-turun piston diubah menjadi gerakan rotasi dari part yang bernama rotor(memiliki fungsi yang sama dengan piston) yang disaat yang sama melakukan langkah hisap,kompresi,nyala busi, serta pembuangan. Sehingga dalam satu putaran terjadi 4 kali pembakaran, jauh lebih besar dibanding mesin 4 langkah dimana pembakaran terjadi sekali dalam 2 gerakan piston naik turun. Sehingga tak heran kalau mesin rotary 1300cc dengan 2 rotor menghasilkan tenaga hingga 250% dari mesin 1300cc inline 4 (mesin mobil). Namun kehebatan mesin rotary bukan tanpa kelemahan. Mesin rotary ini dikenal buoros bahan bakar (konon RX8 konsumsi bbm-nya antara 1:6-1:7 yang tergolong boros untuk ukuran 1300cc). Selain itu juga konon mesin rotary ini boros oli juga, hal ini disebabkan seal rotor tidak menutup dengan sempurna sehingga ada sedikit oli yang masuk kedalam rotor. Karena pembakaran tercampur oli, maka efeknya gas buang menjadi tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu saat ini hanya mazda saja (cmiiw) yang mengembangkan mesin rotary untuk RX series-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Copyright 2014 Irfan Hadiyanto