Breaking News

Rabu, 01 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar - Manusia Merupakan Makhluk Sosial dan Berbudaya

 





Manusia Merupakan Makhluk Sosial artinya manusia butuh berinteraksi dengan orang lain dalam suatu lingkungan untuk saling bersosialisasi antara satu sama lainnya membuat interaksi yang kuat untuk mengenal kepribadian manusia lain. Manusia yang mudah bersosialisasi adalah manusia yang dapat atau mampu menjalankan komunikasi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya karena setiap manusia saling membutuhkan untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya.

Manusia sebagai Makhluk Berbudaya berarti manusia adalah makhluk yang memiliki kelebihan dari makhluk - makhluk lain yang diciptakan di muka bumi ini yaitu manusia memiliki akal yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan ide dan gagasan yang selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu manusia harus menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinannya di muka bumi disamping tanggung jawab dan etika moral harus dimiliki, menciptakan nilai kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab agar bermakna bagi kemanusiaan. Selain itu manusia juga harus mendayagunakan akal budi untuk menciptakan kebahagiaan bagi semua makhluk Tuhan di muka bumi ini. Ada hakekatnya kebudayaan mempunyai dua segi, bagian yang tidak dapat dilepaskan hubungannya satu sama lain yaitu segi kebendaan dan segi kerohanian. Segi kebendaan yaitu meliputi segala benda buatan manusia sebagai perwujudan dari akalnya, serta bisa diraba. Segi kerohanian terdiri atas alam pikiran dan kumpulan perasaan yang tersusun teratur. Keduanya tidak bisa diraba. Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Manusia beretika, akan menghasilkan budaya yang beretika. Sehingga etika berbudaya berarti nilai-nilai, norma atau pedoman yang dianut manusia sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.



Unsur – unsur yang dapat mempengaruhi budaya di era sekarang adalah teknlogi, manusia sekarang terkadang sulit dan kurang  mengaplikasikan teknlogi untuk hal yang lebih positif mereka hanya menggunakan nya untuk kepentingan dan kepuasan pribadi, terlalu contoh saja perubahan yang terjadi pada remaja sekarang, kurang taat pada norma – norma agama atau peraturan yang berlaku mereka sudah terbiasa melanggar, kurangnya sosialisasi dan interaksi secara langsung, mereka lebih asyik menggunakan gadget nya untuk berkomunikasi, jaman dahulu perubahan budaya biasanya terjadi karena adanya penyebaran agama, tapi di jaman sekarang perubahan budaya terlihat sekali pada remaja Indonesia mereka dengan mudah melihat trend gaya hidup kebarat-baratan lewat internet dll, yang sangat mudah diakses, yang berimbas pada mulai terkikisnya budaya asli kita. Seperti mabuk-mabukan dunia malam, dll. Tugas kita sebagai makhluk social yang berbudaya adalah memilih mana yang positif tidak melanggar norma – norma agama yang kita anut dan peraturan yang ada di Indonesia

Sumber:
http://galangalfarisi22.blogspot.com/2013/11/manusia-sebagai-makhluk-sosial.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Copyright 2014 Irfan Hadiyanto