Breaking News

Minggu, 09 November 2014

Pengertian Individu Keluarga dan Masyarakat

1.       1. Pengertian Individu

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDD3DkJFNChiP0EjzMjF2UAd_GaWOaPhOXyStiltYiBkiONAsRZW4ySrqkHKug1cQlbZpK0ZQyZfxzQ8kX4B9oMK1iL2NeA0EWLH0-GLwh2Bw_O5vhyTMFe4aIqQt36Yzgyo2U8f-mtWpI/s1600/Pengertian+Keluarga.jpg

                Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak dapat dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan, demikian pendapat Dr. A. Lysen.

Jadi dapat disimpulkan individu adalah manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya. Dan terdapat tiga aspek dalam individu yaitu aspek organik jasmaniah, aspek psikis rohaniah, dan aspek social


2.       2. Pengertian Keluarga

http://ervannur.files.wordpress.com/2010/10/individumasyarakat.jpgKeluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.


3.       3. Pengertian Masyarakat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5HYBFMou9rD5rzheeAgcKCVcUJ1bFen0B0LTfS-67g-Q_Tu3F7CK79ydP4fZXKa4w9leD9M_zP-GoB0FeyKTHpYTzwVr_IKTxSa4NKG6q_HAk32OpPDk1PU_Qk0yFYbXd0O197AdGcHpD/s1600/1867387379791_s1190003.jpgMasyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur

Faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Penduduk

1.       1. Faktor Genetik (Keturunan)

Faktor ini merupakan factor utama yang dimiliki oleh seorang manusia dalam awal pertumbuhannya. Faktor ini sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhannya dari bayi sampai dewasa. Biasanya factor genetic ini susah untuk diubah, karena sudah terbentuk dan melekat pada si manusia sejak mereka lahir. Dan sekalipun bisa diubah itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengubahnya. Contoh factor-faktor genetic manusia ; postur tubuh, warna rambut, warna kulit, sifat, tempramen dan lain-lain.

2.       2. Faktor Asupan

Faktor ini juga mempengaruhi dalam proses pertumbuhan manusia. Dengan pemberian asupan seperti makanan,vitamin,buah-buahah,sayuran,dll secara teratur dalam proses pertumbuhannya maka akan terbentuklah manusia yang sehat, baik sehat fisik dan sehat psikis. Asupan juga berpengaruh dengan cara berfikir, pertumbuhan badan, dan lain-lain.

3.       3. Faktor Lingkungan

Setelah kedua factor diatas telah dilewati segeralah anda mengetahui factor yang satu ini, factor lingkungan merupakan cara pembelajaran para manusia dalam pembangunan karakter secara alamiah dengan kata lain proses belajarnya secara otomatis. Maka dengan itu lingkungan berpengaruh dalam pembangunan sifat dan karakter mereka. Apabila factor gen dan asupan mereka telah terpenuhi dengan baik tetapi ia bergaul dan hidup dilingkungan yang salah (tidak baik) maka akan menghasilkan manusia yang tidak baik pula.






Daftar Pustaka :
http://afhie-cirebon.blogspot.com/2012/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

©Copyright 2014 Irfan Hadiyanto