Mesin wankel atau disebut juga mesin rotary adalah mesin
pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh
pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu.
Mesin ini dikembangkan oleh insinyur Jerman Felix Wankel. Dia memulai penelitiannya pada awal tahun 1950an
di NSU Motorenwerke AG (NSU) dan prototypenya yang bisa bekerja pada
tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan lain di seantero dunia untuk memperbaiki konsepnya.
Karena mesin wankel sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap, pesawat terbang, go-kart, speed boat.
Mesin hebat ini sering luput dari perhatian di
dunia otomotif. Selama ini kita mengenal mesin diesel dan bensin,
kemudian mesin bensin ada 2langkah dan 4langkah, selanjutnya mesin
4langkah dibedakan lagi menurut jumlah silinder dan konfigurasi silinder
(inline, V, Boxer, hingga mesin “L” ala ducati). Tapi ternyata
perkembangan mesin tidak sesempit itu, masih ada mesin rotary yang
powerfull. Rasa penasaran akan mesin rotary ini muncul saat iseng2 lihat
spesifikasi mazda RX8. Yang mana dengan kapasitas mesin hanya 1300cc
mampu menyeburkan tenaga 250HP, bandingkan dengan mesin 4langkah inline4
yang hanya menghasilkan 90-100HP saja.
Mesin rotary hasil kreasi Felix Heinrich Wankel, seorang
insinyur jerman ini menggunakan cara kerja yang unik dibanding mesin
4langkah/2langkah. Gerakan naik-turun piston diubah menjadi gerakan
rotasi dari part yang bernama rotor(memiliki fungsi yang sama dengan
piston) yang disaat yang sama melakukan langkah hisap,kompresi,nyala
busi, serta pembuangan. Sehingga dalam satu putaran terjadi 4 kali
pembakaran, jauh lebih besar dibanding mesin 4 langkah dimana pembakaran
terjadi sekali dalam 2 gerakan piston naik turun. Sehingga tak heran
kalau mesin rotary 1300cc dengan 2 rotor menghasilkan tenaga hingga 250%
dari mesin 1300cc inline 4 (mesin mobil). Namun kehebatan mesin rotary
bukan tanpa kelemahan. Mesin rotary ini dikenal buoros bahan bakar
(konon RX8 konsumsi bbm-nya antara 1:6-1:7 yang tergolong boros untuk
ukuran 1300cc). Selain itu juga konon mesin rotary ini boros oli juga,
hal ini disebabkan seal rotor tidak menutup dengan sempurna sehingga ada
sedikit oli yang masuk kedalam rotor. Karena pembakaran tercampur oli,
maka efeknya gas buang menjadi tidak ramah lingkungan. Oleh sebab itu
saat ini hanya mazda saja (cmiiw) yang mengembangkan mesin rotary untuk
RX series-nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar